Pancasila Mulai Dilupakan!!!…

Para pelajar dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, kini tidak lagi diwajibkan membaca Pancasila di dalam upacara bendera pada setiap hari Senin. Ini mengakibatkan isi dari Pancasila maupun pemahaman terhadap dasar bagi bangsa indonesia itu kurang dipahami. Diduga, akibat kurangnya pemahaman Pancasila menyebabkan perpecahan di masyarakat. Bahkan, ditakutkan dapat mengancam disintegrasi bangsaa.
Seberapa penting lima butir Pancasila sebagai dasar negara? Meski mengaku penting, ternyata banyak warga yang mulai melupakannya. Kelima sila Pancasila pun mereka tak lancar mengucapkannya. Tak terbantahkan, realitas kemajemukan bangsa adalah warisan sejarah panjang perjalanan Indonesia. Para pendiri republik ini mengemukakan arti penting Pancasila sebagai dasar negara yang dapat mempersatukan kemajemukan.
Budayawan Bambang Noorsena pun mempunyai pandangan mengenai hal itu. “Pancasila tentu relevan sepanjang masa, apalagi Pancasila digali berdasarkan nilai-nilai yang dihayati bangsa Indonesia.” ucap Bambang.
Bambang pun mengingatkan bahwasanya Bhinneka Tunggal Ika adalah jati diri bangsa Indonesia karena merangkum semua agama yang ada. “Pemimpin harus menyadarkan rakyat untuk kembali ke Pancasila,” kata Bambang.
(Enggar Mm 2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: